Suriyanto Putra Asli Desa Bendar, dari Pati untuk Pati

  • Mar 29, 2024
  • BENDAR.DESA.ID
  • BERITA, TOKOH MASYARAKAT

Bendar.desa.id – Dari pantai Bali hingga pesisir Pati, H. Suriyanto A.Md. Pi, telah menunjukkan bahwa dedikasi dan pendidikan dapat membawa seseorang ke tingkat yang lebih tinggi. Sebagai lulusan Sekolah Tinggi Perikanan yang lahir di Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Suriyanto tergerak oleh keadaan nelayan lokal yang semakin terjepit sehingga memutuskan untuk kembali ke Pati setelah beberapa tahun di Bali, tempat dia mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu perikanannya dalam industri kelautan.

Kepulangannya ke Pati bukan sekadar kembali ke akar, tetapi Suriyanto juga menerapkan pengetahuan dan pengalamannya sebagai upaya nyata untuk mengangkat nasib nelayan. Tidak hanya di bidang perikanan,Suriyanto juga dikenal dengan keaktifannya melestarikan tradisi sedekah laut. Melalui kegiatan ini, Suriyanto berharap dapat mempertahankan identitas budaya sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga laut.

Suriyanto menjadi contoh nyata bahwa kemajuan karir tidak selalu berarti meninggalkan asal usulnya, tetapi membawa pulang ilmu dan pengalaman untuk membangun dan menginspirasi.