Penyemprotan / Fogging dalam Upaya pemberantasan Penyakit Demam Berdarah (DBD) di Desa Bendar

  • Mar 14, 2024
  • BENDAR-JUWANA
  • BERITA, LINGKUNGAN, KESEHATAN

Bendar.desa.id - Demam Berdarah Dengue atau DBD merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap terjadi di kala musim hujan akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Biasanya, salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebarannya adalah dengan penyemprotan atau fogging.

Fogging atau pengasapan dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida.

Perlu Anda ketahui bahwa fogging dipercaya efektif sebagai upaya penanggulangan saat terjadi kasus kejadian luar biasa (KLB) atau wabah penyakit DBD di suatu daerah, yakni ketika populasi nyamuk dewasa sedang tinggi. Fogging dengan cepat menurunkan populasi nyamuk.

Hari ini Kamis, 14 Maret 2024 diadakannya penyemprotan/Fogging bertempat di Desa Bendar Kecamatan Juwana, Penyemprotan pada hari ini Dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD) .

Fogging adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Cara dalam mencegah penularan demam berdarah adalah dengan melakukan PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan strategi 3M Plus yaitu :
1. Menguras, membersihkan dan menyikat tempat penampungan air seminggu sekali
2. Menutup rapat tempat penampungan air
3. Mengubur dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menimbulkan genangan air.

Kasus demam berdarah cenderung meningkat dikarenakan bersamaan dengan musim hujan. Oleh karena itu,"Kepala Desa Bendar Bpk. Sutopo menghimbau dan mengajak kepada Masyarakat Desa Bendar agar terus Menjaga kebersihan,kesehatan, dan digiatkan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3M Plus”.