Pembagian Bantuan Beras di Desa Bendar Menggunakan Data Lama

  • Mar 26, 2024
  • BENDAR.DESA.ID
  • BERITA, KEGIATAN

Bendar.desa.id – Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan untuk Desa Bendar kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan pangan ini akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, khususnya selama enam bulan ke depan. 

Program ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat sasaran penerima bantuan pangan. Program bantuan pangan beras juga dilaksanakan dalam rangka mengurangi kerawanan pangan, kemiskinan, dan gizi buruk, serta mengendalikan dampak inflasi untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat produsen dan konsumen.

Disisi lain Perangkat Desa Bendar keluhkan data penerima bantuan beras 2024 yang belum diperbaharui. 

Pembagian beras gratis di seluruh desa di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati telah dilakukan sejak tiga bulan yang lalu dan masih terus berlangsung hingga saat ini, namun dalam pelaksanaannya data yang di berikan oleh Pemerintah merupakan data yang belum valid sehingga banyak didapati masyarakat tidak layak terima  masuk kedalam daftar penerima bantuan. 

Kepala Desa Bendar menyampaikan data yang diberikan ke desanya  merupakan data yang kurang valid, data yang diberikan adalah data tahun lama atau tidak sesuai di lapangan dan meski ada perubahan-perubahan namun perubahan tersebut nyatanya tidak maksimal. 

"Memang terus terang data sementara ini dikasih ke kelurahan untuk realisasi bantuan ini memang data yang kurang valid, dimana ada data yang tidak sesuai kenyataan dilapangan,  memang ada perubahan-perubahan tetapi itu belum maksimal". Ucap Sutopo. 

Sutopo menambahkan pihaknya telah mengusulkan terkait perubahan-perubahan data namun nyatanya pada periode  berikut belum ada perubahan-perubahan yang signifikan dari instansi terkait. 

"Kami di tingkat desa sudah usul ke instansi yang bersangkutan untuk melakukan perubahan-perubahan  tetapi nyatanya ketika periode berikut untuk masalah bantuan beras yang turun belum ada perubahan yang signifikan", Ungkap Sutopo.

Kepala Desa Bendar berharap untuk kedepannya  data yang diterima oleh kelurahan merupakan  data yang valid, dirinya juga meminta apabila dari desa atau kelurahan  telah mengusulkan dan mengirim perubahan-perubahan data  ke instansi terkait maka perubahan tersebut betul-betul segera dilakukan sehingga masyarakat yang berhak yang dapat menerima bantuan dan tentunya agar tidak menimbulkan masalah maupun Kecemburuan dalam masyarakat.