Budaya Nyadran di Desa Bendar Menjelang Ramadhan

  • Mar 11, 2024
  • BENDAR.DESA.ID
  • BERITA, LINGKUNGAN

 

Bendar.desa.id-Nyadran merupakan serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa yang merupakan tradisi turun temurun. Nyadran biasa dilakukan dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Peleburan ajaran Agama Islam dengan berbagai budaya menyebabkan terbentuknya banyak tradisi unik menyambut Ramadhan. Di antaranya adalah tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut kedatangan Ramadhan.
Menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan berbagai macam tradisi merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh umat Islam. Mulai dari tradisi yang meriah hingga tradisi yang tenang dan sakral, umat Islam di berbagai daerah di Indonesia memiliki cara sendiri untuk menyambut Ramadhan.

Di wilayah Desa Bendar sendiri, semua warga masih melakukan tradisi ini. Mulai penyelenggaraan khatmil Qur'an, dzikir, tahlil, kenduri hingga melakukan besik kubur yaitu pembersihan makan leluhur serta ziarah untuk mendoakan keluarga atau kerabat yang telah meninggal dunia di area makam.

Dalam ziarah kubur, biasanya peziarah membawa bunga terutama bunga telasih yang melambangkan kedekatan hubungan antara peziarah dengan arwah yang diziarahi.

Semoga tradisi Nyadran yang memang sudah ada sejak dahulu dapat terus dilaksanakan