Haul Syech Datuk Lodang Wali Jogo atau Syech abdul Rahman

  • Mar 30, 2024
  • BENDAR-JUWANA
Lokasi Kegiatan: Desa Bendar
Tanggal Kegiatan: Jan 01, 1970

Bendar.desa.id – Setiap tahun, rutin dan sudah puluhan kali dilaksanakan, "HAUL". Istilah yang begitu akrab di telinga kita, khususnya Warga Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. 

"Kapan Haul  Syech Datuk Lodang Wali Jogo / Pulau Seprapat ?" Pertanyaan warga yang rutin mengikuti acara tersebut, entah yang mau berjualan, sekedar healing, ingin mendengar tausyah dalam pengajian umum, atau menjadi bagian aktif pelaksanaan acara itu ketika merasa pelaksanaannya sudah tiba waktunya.

Haul yang rutin dilaksanakan setiap tahun, karena pasti berjubel pengunjungnya dan digelar selama 2 (dua) hari yaitu hari pertama dengan acara Istighosah dan pengajian di area makam tersebut, sedangkan hari berikutnya ditutup dengan Pengajian ( Sholawatan ) di luar makam atau didalam pemukiman warga.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Haul Syech Datuk Lodang Wali Jogo atau Syech Abdul Rohman tersebut, yang menurut rencana akan dilaksanakan besok pada tanggal 18 April 2024. 

Sementara itu, Sutopo Kades Bendar dalam sambutannya menyampaikan bahwa Haul Syech Datuk Lodang Wali Jogo ini merupakan kegiatan Haul setiap tahun masyarakat akan mengambil peran aktif untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan dimaksud. Pemdes Bendar, Tokoh agama dan tokoh masyarakat terutama Ketua RT/RW bersama-sama warga akan berkontribusi untuk turut mensukseskan acara tersebut sebagai bentuk penghargaan dan kebanggaan karena Desa Bendar mempunyai "Ikon Religius".

"Kami tidak hanya ingin jadi penonton tetapi memperoleh nikmat dan manfaat Haul Mbah Lodang Datuk", Tetapi Pemdes dan seluruh warga ingin menjadi bagian acara tersebut, ikut menjadi tuan rumah, ikut bergotong royong untuk suksesnya jalannya acara tersebut. 

Dalam rapat tersebut, setelah melalui musyawarah yang gayeng disertai gurauan yang hangat dan akrab, dimoderatori langsung oleh Kades diperoleh keputusan sbb. :

  1. Sebagian kebutuhan konsumsi berupa nasi kotak untuk acara tanggal 18 April 2024, akan ditanggung oleh warga desa.
  2. Keamanan baik dari Polsek Juwana ( Satpolairud  ) maupun Banser dikondisikan oleh Panitia.
  3. Akomodasi Konsumsi didistribusikan lewat jalur darat atau diangkut menggunakan mobil bak terbuka dan dikondisikan oleh panitia
  4. Kebutuhan nasi kotak  ditanggung oleh warga Desa Bendar dan masing-masing keluarga diharapkan menyumbang minimal @ 3 bungkus nasi kotak
  5. Untuk tanggal 18 April 2024, nasi kotak dikumpulkan di Kantor Balaidesa Bendar setelah Dzuhur.
  6. Pemdes atau Panitia beserta Ketua RT/RW akan memberikan edaran kepada seluruh warga atas permohonan bantuan nasi kotak tersebut seminggu sebelum hari H.