Acara Sedekah Bumi dan Sedekah Laut Desa Bendar Tahun 2024

  • Mar 30, 2024
  • BENDAR-JUWANA
Lokasi Kegiatan: Desa Bendar
Tanggal Kegiatan: Apr 17, 2025 s/d Apr 22, 2024

Bendar.desa.id – Sabtu,Tradisi sedekah bumi dan Sedekah Laut, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang kita terdahulu. Ritual Sedekah Bumi dan Sedekah Laut  ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak familinya dari mengais rizqi dengan memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Bertempat di Balaidesa Bendar, Panitia, Ketua RW, Ketua RT, dan tokoh masyarakat menghadiri rapat Persiapan Sedekah Bumi dan Sedekah Laut Desa Bendar Tahun 2024, yang di ikuti sekitar 54 orang, Semalam.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Bapak Drs.Supi'i menyampaikan tradisi ritual tahunan sedekah bumi dan Sedekah Laut bukan hanya sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi tradisi sedakah bumi dan Sedekah Laut mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi dan Sedekah Laut itu sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak bisa dipisahkan dari budaya atau adat jawa. “Oleh karenanya mari kita bersama-sama ikut andil dalam kegiatan ini”, ujarnya.

Kades Bapak Sutopo mengharapkan dari ketua RT, Ketua RW, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat ada usulan untuk kegiatan Sedekah Bumi dan Sedekah Laut, agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses. “Jangan malu dan ragu untuk memberikan masukan. Ini juga untuk kebaikan kita bersama warga  Desa Bendar”, tandasnya.

Sementara itu, Bapak Sukoco sebagai Ketua Sedekah Bumi mengharapkan peran serta dari seluruh warga untuk tetap kompak dan bersatu padu demi suksesnya acara sedekah bumi dan Sedekah Laut. Kegiatan sedekah bumi dan Sedekah Laut agar di atur dengan baik, sehingga acara tersebut berjalan dengan tertib, lancar, dan sukses.

"Untuk masing-masing RT di harapkan dapat melibatkan warganya untuk ikut berpartisipasi dalam acara sedekah bumi dan Sedekah Laut. Tetap jaga kekompakan dan keamanan acara, karena ini hajat kita semua warga Desa Bendar”, tegas Bapak Sukoco.