DESA BENDAR CENTRA KRUPUK IKAN

  • Mar 03, 2024

 

 

Bendar.desa.id– Desa Bendar merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati yang terkenal dengan Ikan laut. Di situ adalah daerah pesisir yang mana sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan atau menangkap ikan dilaut lepas. Yang mana sebagaian dari hasil tangkapannya digunakan untuk membuat krupuk ikan.

Tak hanya itu, Desa Bendar juga tempatnya makanan berbahan baku ikan laut (seafood). Bukan hanya terkenal dengan Nelayannya di tingkat domestik maupun nasional. Tetapi seafood itu oleh sebagian masyarakat warga Desa Bendar diolah menjadi makanan camilan ringan berupa kerupuk ikan atau krupuk seafood.

Salah satu Nara sumber ( Ibu Lelayuningsing ), Pihaknya mengatakan telah memulai usaha ini sejak tahun 2012 yang lalu dan saat ini usahanya semakin berkembang. Usaha Krupuk ikannya itu ia beri nama Hastika Sari.

“Kami memproduksi bermacam-macam krupuk seafood, mulai dari kerupuk udang, kerupuk rajungan, cumi, tengiri dan lainnya sumua itu dari bahan ikan laut,” ujarnya ketika diwawancarai, Minggu (03/3/2024).

Dirinya memaparkan menekuni usaha ini bermula dari pandangannya terhadap bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada secara lebih/bahan baku yang ada di sekitar yang berlimpah dari laut itu bisa menambah pundi-pundi ekonomi keluarga. Terlebih di Desa Bendar sangat mudah untuk mendapatkan bahan baku tersebut yaitu ikan segar.

“Karena kebetulan lokasi produksi dekat dengan usaha perikanan sehingga mudah untuk mendapatkan bahan baku ikan segar,” ungkapnya.

Di samping ikan segar yang gampang didapatkan, masyarakat di sekitarnya rerata suka dengan kerupuk. Hal inilah, yang mendasarinya mengolah sumber daya laut menjadi makanan ringan kerupuk laut.

Pihaknya mengaku produk krupuk ikan laut yang dijual di pasaran atau masyarakat luas cukup banyak yang merespon dan membeli. 

“ Produsen Krupuk ikan yang berada di Desa Bendar dalam wadah KUB sangat berharap Semoga ke depan pemasarannya bisa lebih meningkat lagi yaitu bukan di pasar lokal saja akan tetapi bisa di pasar - pasar global,” pungkasnya.