Asyiknya Bermain Kapal Miniatur di Desa Bendar

  • Mar 13, 2024

Bendar.desa.id - Sebanyak puluhan kapal bersandar di area pertambakan Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa tengah. Tidak hanya kapal penangkap ikan saja, tetapi juga terlihat kapal tempur, pesiar, bahkan thousand sunny go yang merupakan kapal bajak laut topi jerami dalam serial anime Jepang, nampak di antaranya.

Kapal-kapal tersebut bukanlah kapal dalam ukuran sebenarnya, melainkan hanya sebuah replika saja. Meski begitu, miniatur kapal ini dapat melaju di atas air layaknya kapal sebenarnya, dengan dikendalikan dengan sinyal remote control.

Pernak-perniknya pun sama persis dengan kapal pada umumnya. Misalnya saja untuk miniatur kapal porsein mulai dari jala, jangkar, lampu, pengeras suara, dan sebagainya dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Kehadiran miniatur kapal remote control di kawasan Desa Bendar itu, memang bukan tanpa alasan.

Lanjutnya, kebanyakan bentuk kapal yang dibuat berjenis kapal tangkap ikan, seperti cakalang, porsein, jaring tarik berkantong, ragan, dan jukung. Ini semata sebagai bentuk apresiasi kepada para nelayan lokal di desa Bendar. Sekaligus bentuk kecintaan terhadap profesi mayoritas warga lokal.

“Tapi kita tidak membatasi diri dalam komunitas, kita bebaskan. Sehingga banyak macamnya ada miniature kapal perang, kapal bajak laut, pesiar, banyak lah,” imbuhnya.

Begitu pun mesin yang dipakai untuk laju kapal masing-masing anggota bervariasi. Ada yang mengandalkan mesin elektrik, dynamo, mesin pemotong rumput, gergaji senso, bahkan mesin sepeda motor,Ukuran masing-masing berbeda. 

Fendy Faizarrohman ( Perangkat desa Bendar ) menambahkan, satu unit miniatur kapal remote control setidaknya memakan waktu satu sampai dua bulan dalam pembuatannya. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp5.000.000 sampai Rp15.000.000.