Tambat Labuh di Sungai Kawasan Desa Bendar, Satpolairud Polres Pati Bantu Atur dan Tertibkan

  • Mar 30, 2024
  • BENDAR.DESA.ID
  • BERITA, KEGIATAN

Bendar.desa.id – Menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini, kesibukan tampak semakin meningkat di Sungai area Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Hal itu terlihat banyaknya kapal yang sandar mulai Selatan Desa Bendar hingga ke kawasan Pulau Seprapat.

Kondisi tersebut tak bisa dihindari, mengingat jumlah kapal penangkap ikan terus bertambah sedangkan lokasi atau ruang untuk tambat labuh kapal saat ini tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Hal ini menuntut kehadiran Polri khususnya Polres Pati untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terutama gesekan antar nelayan yang menginginkan kapalnya bongkar ikan secepat mungkin dan parkir menurutnya nyaman tanpa memperdulikan pihak lain.

Sebagai upaya antisipasi maka pihak Polres Pati melalui Satpolairud mengadakan kegiatan pengaturan dan penertiban tambat labuh kapal nelayan Juwana Pati.

Di tempat terpisah salah seorang tokoh Nelayan yang tidak mau disebut identitasnya menjelaskan bahwa dengan bertambahnya jumlah kapal yang sandar di dermaga alur sungai Juwana yang tidak diikuti oleh penambahan panjang dermaga menimbulkan kapal bertumpuk disepanjang alur sungai Juwana sehingga menyulitkan kapal saat melakukan olah gerak baik saat masuk maupun keluar Pelabuhan.

“Kegiatan ini adalah sebagai wujud kehadiran Polri ditengah tengah masyarakat dengan menggandeng instansi maritim terkait seperti TNI AL, DKP, PPP, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Juwana,” terangnya saat memimpin kegiatan pengaturan tambat labuh kapal.