Penerimaan Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro ( UNDIP ) Di Desa Bendar Oleh Plt. Kepala Desa beserta perangkatnya

  • Aug 03, 2019
  • bendar
  • BERITA

Selasa 9 Juli 2019, Tujuh mahasiswa dari beberapa jurusan atau prodi sekolah tinggi Universitas Diponegoro tiba di desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati . Kehadiran 7 orang mahasiswa ini dalam rangka kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) PPM  TEMATIK, akan berlangsung dari 9 Juli sampai tanggal 20 agustus 2019. Penyambutan Mahasiswa UNDIP Semarang ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Bendar dan Langsung di sambut hangat oleh Bapak Sutoyo SH ( Plt Kepala Desa ) beserta jajaran Pemerintah desa serta Jajaran Pimpinan BPD Desa Bendar.    
Dalam Sambutan Pengantarnya, Mahasiswa KKN UNDIP Semarang mengatakan bahwa kehadiran  mahasiswa melalui program KKN ini diharapkan dapat meningkatkan dan menggali Potensi lokal yang ada di Desa Bendar. Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Sebelum di terjunkan ke Lapangan, terlebih dahulu Mahasiswa diberikan pembekalan  di Kampus, Diharapkan Mahasiswa dapat hadir mengimplementasikan ilmu pengetahuan serta wawasannya dalam kehidupan bermasyarakat.  
 
“Pelaksanaan KKN ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Insya Allah Selama satu setengah bulan pelaksanaan KKN di desa Bendar, Mahasiswa siap  bersinergi dengan Pemerintah desa dan Masyarakat dalam menyukseskan program kerja Pemerintah Desa dan  akan selalu turut berpartisipasi aktif dalam berbagai Kegiatan sosial kemasyarakatan, ”.Jelasnya   Sementara Itu,  Plt Kepala Desa Bendar Bpk.Sutoyo SH dalam sambutan penerimaan mahasiswa KKN UNDIP mengatakan bahwa Secara Umum, Desa Bendar siap memberikan  Bantuan dan Pendampingan selama berlangsungnya Kegiatan KKN Mahasiswa di desa Bendar. Secara khusus Beliau menjelaskan bahwa saat sekarang Desa tengah bersiap dalam menghadapi kegiatan memperingati hari kemerdekaan RI. Oleh karena itu  beliau menekankan pentingnya  peran aktif Mahasiswa dan masyarakat  dalam menyukseskan  kegiatan di Desa Bendar tersebut. “Kegiatan  KKN  tentunya bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada Mahasiswa  bagaimana menyikapi Dinamika social Kemasyarakatan  yang ada . Bagaimana Mahasiswa dapat berfikir secara komprehensif  terhadap Dinamika yang ada, di samping itu, output yang diharapkan adalah KKN juga dapat menyiapkan dan membentuk kepribadian Mahasiswa sebagai Kader Perubahan dalam masyarakat”. Sambut Plt Kepala Desa  
 
“KKN merupakan bentuk pengabdian kepada Masyarakat, berikan sumbangsih sesuai kapasitas keilmuan anda sebagai intelektual muda, berikan masukan dan saran serta terobosan baru dalam memajukan Lokasi kegiatan anda, dalam hal ini adalah Desa Bendar.  Dalam satu setengah bulan kedepan anda akan menjadi warga Desa Bendar, suka atau tidak suka banyak hal baru yang akan anda temui dalam kehidupan bermasyarakat  di sini, pahami dan pelajari semua kearifan Lokal di sini dan sesuaikan dengan Program Kerja yang akan anda kejakan, InsyaAllah Masyarakat dan Pemerintah Desa siap memberikan bantuan dan Pendampingan”. Tutup Plt Kepala Desa.