Berita Daerah

Penyerahan Santunan Asuransi PT. Jasindo oleh Bupati Pati

Kepada Nelayan

 

Bupati pati, santunan nelayan, hari jadi pati

Bupati pati, santunan nelayan, hari jadi pati

 

Pati, Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Bupati Pati Haryanto melakukan penyerahan santunan asuransi dari PT. Jasindo kepada Para nelayan di Kabupaten Pati, Senin (06/08/2018)

Penyerahan yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati dan didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh sejumlah anggota DPRD Pati, serta para pimpinan SKPD dilingkup Pemda Kabupaten Pati usai menggelar rapat paripurna penetapan Hari Jadi Pati yang ke 695.

“Pemberian santunan asuransi yang diberikan oleh PT. Jasindo merupakan tindak lanjut dari antusias para nelayan yang mengikuti program bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kata Soleh”

Bantuan asuransi tahunan ini jumlahnya terbatas sesuai kuota jumlah nelayan yang ada di KKP. Pada tahun 2016 sebanyak 1200, tahun 2017 sebanyak 4500, dan pada tahun 2018 sebanyak 3500. Asuransi ini diberikan kepada para nelayan hanya 1 kali pertahun, dan untuk tahun berikutnya tidak bisa mendapatkan lagi, karena nelayan harus membayar premi secara mandiri.

Pemberian asuransi yang diterima nelayan berbeda beda sesuai kriteria, misalnya nelayan yang meninggal dilaut akibat kecelakaan maka akan mendapatkan asuransi sebesar Rp 200 juta.

Kecelakaan kehilangan nyawa  atau meninggal juga akan disesuaikan dengan umur, misalnya umur 17 sampai 35 tahun akan mendapatkan claim asuransi sebesar Rp 165 juta, umur 35 sampai 45 tahun akan mendapatkan Rp 40 juta, dan umur 45 sampai umur 65 tahun akan mendapatkan asuransi sebesar Rp 20 juta,” kita sesuaikan dengan kriteria umur, serta tanggungan untuk pembagian klaim asuransi ini, ” Tambah Soleh.

Kemarin ada nelayan dari Pati yang terjadi kecelakaan dan meninggal, dan sekarang untuk klaimnya sudah cair dan sudah bisa di ambil.” Pungkas Soleh.