RAPAT PLENO PENETAPAN DPT PILKADES DESA BENDAR TAHUN 2019

Bendar.Desa.id – Panitia Pilkades Serentak Desa Bendar menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun 2019 pada hari Sabtu Tanggal 07 Desember 2019 bertempat di Sekretariat Pilkades atau di Balaidesa Bendar. Panitia Pilkades telah menyusun Perbaikan DPS dari hasil perkembangan DPS yang telah di umumkan dan usulan Perbaikan DPS , baik mencakup Perbaikan DPS dan Daftar Pemilih Tambahan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Tahapan pemutakhiran data Pilkades 2019 sudah dilaksanakan, baik mulai dari pendataan door to door ( langsung ) sampai dengan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kemudian diumumkan untuk mendapat tanggapan dari masyarakat dan para calon Kades.

Selain itu, proses pemutakhiran data masuk pada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), dalam proses DPT mengalami perubahan dari jumlah DPS, dikarenakan adanya data yang masuk dan keluar.

Rapat Pleno DPT ini dihadiri oleh Seluruh Panitia Pilkades, Panwas Kecamatan, Muspika Juwana, Plt.Kepala Desa beserta perangkat Desa,  Ketua BPD beserta anggota, Ketua RT, Ketua RW, tokoh masyarakat, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Bendar, tiga calon Kepala Desa Bendar, dan PPDP.

Sebelumnya, Panitia Pilkades Desa Bendar menetapkan sejumlah 2.536 terdiri dari laki-laki 1.248 dan perempuan 1.288 pemilih tercatat dalam DPS yang di tetapkan pada  26 November 2019. Dalam perkembangan perbaikan DPS terdapat pemilih yang TMS ( Tidak Memenuhi Syarat ), pemilih yang masih terdapat kekeliruan pencatatan elemen data, dan juga terdapat Pemilih yang belum terdaftar di Daftar Pemilih Sementara sampai waktu yang sudah ditentukan untuk dilakukan perbaikan DPS Oleh Panitia Pemilihan Desa Bendar.

Dari proses perbaikan DPS tersebut, pada hari ini Sabtu ditetapkan untuk menjadi DPT ( Daftar Pemilih Tetap ) 07 Desember 2019 Panitia Pemilihan Kepada Desa Bendar menetapkan sebanyak 2.616 pemilih yang tersebar di 03 ( tiga ) Wilayah sesuai dengan rincian sebagai Berikut:

 

NO

JUMLAH DAFTAR PEMILIH TETAP (DPT)

L

P

   JUMLAH

1

WILAYAH 1

414

458

872
2 WILAYAH 2

424

448

872

3 WILAYAH 3

446

426

872

TOTAL 1.284 1.332 2.616

Sementara itu, Plt. Kepala Desa Bendar Sutoyo. SH yang juga hadir memberikan sambutan berpesan kepada seluruh panitia Pilkades untuk tetap memegang teguh prinsip kejujuran, transparan dan tetap netral dalam menjalankan amanah sebagai panitia Pilkades, sehingga nantinya proses pelaksanaan Pilkades bisa berjalan dengan aman dan lancar hingga seluruh tahapan Pilkades selesai dilaksanakan.

Sedangkan kepada seluruh perangkat desa, Sutoyo .SH  juga mengatakan bahwa sebagai wakil dari Kepala Desa dilapangan, seluruh Perangkat desa harus bisa menjadi jembatan antar warga dengan Pemerintah desa mengenai hal – hal yang berkaitan dengan proses Pilkades, sehingga nantinya seluruh warga bisa mengerti dan mengetahui mekanisme Pilkades.

“Semoga Pilkades di desa kita ini bisa berjalan dengan aman dan lancar serta damai hingga selesai seluruh tahapan Pilkades”, harap  Sutoyo, SH.

Panwas Pilkades Kecamatan Juwana yang juga hadir dalam rapat penetapan DPT kembali mengingatkan kepada seluruh Panitia Pilkades agar tetap menjaga integritasnya dengan tetap netral serta bekerja sesuai dengan aturan pelaksanaan Pilkades, sehingga nantinya tidak ada gejolak di masyarakat karena ketidakprofesional Panitia dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pilkades.

Selain itu juga mengingatkan agar setiap gejolak dan masukan dari masyarakat agar cepat direspon, sehingga masyarakat bisa mendapatkan penjelasan dan mengerti apa yang belum diketahui mengenai proses Pilkades di desa.

“Jangan sampai gejolak sekecil apapun akan menjadi besar karena kurangnya kita dalam merespon gejolak tersebut. Segera ditindak lanjuti, sehingga warga mendapat pengetahuan yang sebenarnya”, tegas Sugiyono sebagai Panwas Kecamatan

“Jadikan Desa Bendar sebagai tolak ukur untuk desa lainnya, iklim sejuk kita kedepankan dan sebagai panitia kita harus netral,”  Panitia Pilkades akan mengemban amanah yang sangat berat, sukses dan tidaknya pilkades di Desa Bendar berada di pundak Panitia.

“Namun apabila dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada insyaallah semuanya akan berjalan dengan lancar,”

Acara Pleno DPT berjalan lancar, ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Bendar Syafi’i S.Pdi menerima Daftar Pemilih Tetap dan diumumkan sekaligus penandatanganan para calon kepala desa.

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*