KEGIATAN RUTIN KADER POSYANDU DI DESA BENDAR

DESA BENDAR – Posyandu adalah wadah pemeliharaan maupun kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Adapun tujuan posyandu antara lain menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas, meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan.

Bertempat di Balaidesa Desa Bendar pada hari ini, 16 Oktober 2019 Kader Posyandu Balita mengadakan kegiatan rutin tiap bulan yaitu Posyandu Penimbangan Balita yang meliputi anak balita dari seluruh warga Desa Bendar. Kegiatan yang merupakan agenda rutin dari Posyandu Balita tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak khususnya para balita yang ada di Desa Bendar.

Kegiatan Posyandu berlangsung dengan lancar dan ramai hal ini terlihat dari antusiasme ibu-ibu yang dengan penuh semangat mendatangi tempat kegiatan dengan membawa balita mereka untuk di timbang dan diberikan penyuluhan mengenai kesehatan terutama kesehatan ibu dan balita.

Semoga dengan adanya kegiatan rutin posyandu ini, diharapkan mendapat peningkatan gizi, penurunan angka kematian, berat badan rendah dan angka kesakitan.

Posyandu Melati  yang terletak di Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati melaksanakan kegiatan rutin Posyandu bagi keluarga yang mempunyai BALITA dan masyarakat di lingkungan Desa Bendar. Puluhan balita mendapatkan pemeriksaan kesehatan serta mendapatkan makanan tambahan bergizi.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu penimbangan berat badan, pencatatan umur dan berat badan, pemberian imunisasi bagi balita berusia di atas dua tahun, pemeriksaan ibu hamil dan konsultasi KB. Kegiatan rutin Posyandu diadakan tiap bulan untuk mendukung program pemerintah di bidang kesehatan serta agar para ibu dapat mengetahui perkembangan bayi dan balitanya dilihat dari hasil penimbangan yang dilakukan secara rutin.

Kegiatan Posyandu dijalankan oleh ibu-ibu kader Posyandu . Salah satu Kader Posyandu menyampaikan bahwa para orang tua juga diberikan pengarahan agar lebih memahami tentang pentingnya mengikuti kegiatan rutin Posyandu serta kepada para balita diberikan bubur kacang hijau, telur rebus, biscuit, dan buah.

Semoga dengan posyandu akan terwujud balita yang sehat sesuai program pemerintah, karena balita merupakan cikal bakal yang kelak tumbuh dewasa dan akan menggantikan generasi tua.

Dengan hadir secara rutin di posyandu seperti ini, kesehatan ibu dan anak akan terkontrol, sehingga akan meningkatkan kualitas hidup bagi masayarakat, oleh karena itu marilah ibu-ibu hadir secara rutin, canangkan hidup sehat dalam setiap keluarga.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan