Sedekah Laut Desa Bendar Santuni Ratusan Kaum Duafa dan Yatim Piatu

  
Foto: Istimewa

Bendar,  Tradisi sedekah laut yang digelar setiap tahun oleh masyarakat Desa Bendar Kecamatan Juwana, Pati tahun 2018 ini mempunyai makna tersendiri. Pasalnya, untuk sedekah laut tahun ini masyarakat desa memberikan alokasi dana khusus bantuan kepada kaum dhuafa dan santunan yang nilainya hingga ratusan juta rupiah.

Perihal tersebut disampaikan Ketua Panitia Sedekah Bumi, H.Jamari, SH. Dia mengemukakan selain digelar berbagai hiburan rakyat, panitia juga melakukan kegiatan sosial berupa memberi bantuan dan santunan untuk keluarga kurang mampu dan anak yatim piatu.

Foto: Tokoh Masyarakat Desa Bendar saat melakukan persiapan larung sesaji di tepi sungai Desa Bendar. 

“Sebagai wujud syukur kepada Tuhan, pelaksanaan sedekah laut tahun ini untuk kepentingan sosial, kami sengaja menganggarkan sejumlah dana yang nilainya lebih besar dibanding untuk biaya hiburan,” ungkap Jamari disela-sela kegiatan persiapan larung sesaji di Balai Desa Bendar, Minggu (1-7-2018).

Dia juga mengatakan, ada beberapa kegiatan dalam memeriahkan sedekah laut diantaranya, Tunamen Bola Volly, Lomban Tangkap Bebek, Karnaval Budaya, dan Hiburan Ketoprak, Dangdut dan Pengajian.

”Prosesi sedekah bumi ini sudah dimulai beberapa hari yang lalu, banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam memeriahkan event tahunan ini, mulai dari memberikan santunan kepada anak yatim piatu, hiburan dan lomban perahu dan puncaknya larung sesaji yang dilakukan hari ini,”pungkasnya. ( Sukoco )

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan